Saturday, March 17, 2012

Jembatan Ampera

Maret 17, 2012 - On Top of Ampera Tower Bridge
Bangun pagi-pagi karena janji mau ke Ampera bersama beberapa teman dari Pemkot Palembang... Pukul 9:00 janji di bawah tower pemkot, ternyata molor, sekitar pukul 9:30 dari pemkot menuju jembatan ampera dan parkir di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pos lampu taman kota di bawah jembatan ampera sambil menunggu kunci... sekian lama menunggu tak kunjung datang pengantar kunci. Karena saudara saya harus berangkat ke surayaba jadi terpaksa dia membatalkan niat ikut naik ke tower ampera. sekitar pukul 11:30 akhirnya naik juga kami ke Tower Ampera di sebelah ulu..

Untuk naik ke atas ternyata ada tangga besi di dalam tower ampera tersebut. dibutuhkan perjuangan untuk bisa sampai keatas karena ruang itu gelap sekali jadi harus membawa senter, belum lagi tinggi dan kurangnya udara di dalam tiang tersebut membuat napas pun susah... saat ada lobang udara entah di ketinggian berapa baru bisa bernapas sedikit lega... tapi tidak berapa tinggi lagi akhirnya sampai ke ruang mesin Ampera itu.. kalau dari bawah juga bisa dilihat ruang mesin ini tampak tembus dari kaca... setelah dilihat ruangan ini berantakan sekali... tapi terlihat gear-gear besar dan tali seling besar yang sudah lumutan.

Naik beberapa tangga lagi akhirnya sampai ke ruang kontrol.... wachhh disini kacau sekali banyak sampah dan benar-benar tidak terurus.. sayang sekali........ plafon dari kayu pun sudah banyak yang hancur... sementara teman memperbaiki kamera pemantau dari atas ampera saya naik lagi ke atas tower ampera... sulit sekali ke atas karena hanya melalui lubang seukuran badan.. tapi akhirnya berhasil....
Diatas tower ampera banyak yang bisa dilihat dan terlihat sekali bumi itu bulat.... indahnya kota palembang dan terlihat sungai musi dengan jalurnya yg berliku... di atas tower ini ada kamera, ada antena grid untuk radio ke kamera dan ada 2 buah lampu sorot yang terkadang malam-malam terlihat di langit kota palembang..setelah sibuk berfoto akhirnya turun kembali ke ruang kontrol. karena teman sudah selesai kita harus berjuang kembali turun melewati ruang gelap dan minin udara...

Sampai di bawah bertapa leganya... ternyata perjalanan di lanjutkan ke tower sebelah ilir. Rencanaya tidak sampai naik ke atas tapi karena kabel LAN yang ada di bawah tidak nyambung akhirnya kita naik lagi keatas. dengan mengurangi beberapa bawaan agar meringankan beban akhirnya kami naik ke atas melewati tangga sama seperti di sebelah ulu hanya saja di sebelah ilir ada lampu redup sehingga masih bisa melihat.
Tidak berbeda dengan di sebela ulu tower ilir juga sama berantakan panel-panel kelistrikan untuk menggerakan jembatan ini sudah tinggal kerangkanya saja tidak ada tombol dan lainnya.. hanya tinggal besi yang karatan.

Naik ke ruang kontrol saya lihat lebih banyak sampah di sini (tower ilir) dari pada di tower ulu... tapi ada satu yang menarik perhatian saya di sini ada tullisan keterangan  mengenai jembatan ini sayang sudah kabur dan beberapa hilang.. untuk keterangan akan saya tulis di bawah.... selesai dengan pekerjaan akhirnya kami turun kembali.. iseng saya menghitung jumlah tangga yang harus di lalui.. ternyata ada 43 tangga (kalau saya tidak salah hitung kalau salah juga gak akan jauh dari itu) dan 1 tangga ada yang berisi 4 dan 5 anak tangga sehingga saya tidak bisa memastikan berapa jumlah anak tangga yang ada disitu... sampai juga di bawah dan akhirnya pulang ke pemkot.....

Berikut tulisan yang dapat saya baca dari keterangan yang tertera, beberapa tulisan tidak di cantumkan karena tidak terbaca lagi

KETERANGAN
Djembatan
Pandjang                          1177 m
Lebar                                   22 m
Tinggi Lantai Maximum    11.50 m

Bagian yang dapat diangkat
Pandjang                          71.90 m
Lebar                                    22 m
Berat                                   944 Ton
Dapat diangkat setingi           32 m
Kecepatan angkat                 10 m / menit

Menara 
Tinggi dari tanah                    63 m
Jarak antar tiang                    75 m

Sungai Musi
Dalam                                   20 m
Kecepatan arus air                1.5 m / menit
Beda pasang surut                 3.5 m

Galery Foto Klik

Komentar Pribadi :
Coba Tempat ini dibersihkan dan dirawat dengan baik serta seluruh panel-panel kontrol tetap terpasang dengan rapi walaupun sudah tidak berfungsi pasti terlihat lebih menarik apa lagi bisa di konsumsi oleh publik.. atau setidaknya di berikan kamera kontrol untuk melihat bagian atas jembatan yang bisa di letakan di bawah samping tower sehingga bisa di konsumsi publik apa isi dari jembatan tersebut....

Terima kasih teman-teman yang bersedia mengajak saya ke atas....


2 comments:

  1. mantap cs.. kapan pacak ksano jugo.. pasti seru nian.. jdi pengen aku.. hhahaha

    ReplyDelete